Sunday, November 15, 2009

BaKSoS 4 - SuNaTaN MaSSaL


Keinginan Baksos 4 masyindo akhirnya terlaksana juga, walaupun sempat tertunda hampir setahun lamanya.Informasi dan mensurvei lokasi yang tepat dan layak untuk kami kunjungi membutuhkan waktu dan hari yang tepat agak sedikit lama. Persiapan kami begitu pendek karena terbentur libur panjang,sehingga kami memutuskan pada tangal 08 Nopember 2009 waktu yang tepat untuk mengadakan Bakti Sosial 4 dan kebetulan juga kami terbantu oleh teman yang terbiasa berkutat dalam soal kegiatan sosial ini.

Persiapan barang yang kami sumbangkan yang berupa sarung,kopiah,peralatan sekolah dan beras sudah tersedia dan disiapkan sesuai dengan informasi yang kami dapat.
Karena perjalanannya cukup memakan waktu sekitar 130 km atau 3 jam perjalanan dari Phnom Penh. Maka kami memutuskan berangkat pagi tanggal 08 Nopember 2009, jam 6.30 berangkat dari rumah Bp. Gunadi ( depan British School PP) dengan 15 orang mengendarai 1 van dan 1 mobil.

Perjalanan menuju daerah Phum Trapeang Thmo, Khoum Popil, Srong Penyakrek Khiep, Kampong Cham Province, Cambodia yang pertama kami lalui jalannya tidaklah jelek sekali kalau ukuran daerah cukup bagus jalannya dengan kanan kirinya masih ditumbuhi pohon-pohonan yang hijau,rimbun dan padi yang sudah mulai siap panen. Sejuk dan damai rasanya kalau tinggal di desa. Tiga jam perjalanan sampailah kami ke tempat yang kami tuju dengan dipandu oleh sdr. Maher orang asli penduduk Steung ,Kampong Cham Province. Betapa terkejutnya kami, ternyata kami disambut dengan penuh kegembiraan dan kekeluargaan sekali. Baru kali ini kami disambut begitu penuh persahabatan. Dari mulai pengurus masjid,wakil dr camat dan anak-anak disekitar masjid yang telah dikhitan maupun yang belum.

Setelah sambut kata yang intinya terima kasih banyak atas perhatian dan keperduliannya dari masyarakat Indonesia di Kamboja kepada masyarakat Kampong Cham. Masyarakat Kampong Cham kalau kami menyebutnya, barukali ini mendengar dan mengetahui bahwasanya ada masyarakat Indonesia yang tinggal di Kamboja. Sambutan telah digulirkan dari pihak masyarakat kampong Cham yang diwakili oleh wakil camat setempat dan kata sambutan yang diwakili oleh Bp. Arik S.M selaku Ketua rombongan masyindo dan dua buah patah dari Bp. Eddy selaku sesepu masyindo.
Berinjak kepada acara berikutnya yaitu pembagian bingkisan kepada anak-anak yatim, yatim piatu dan kurang mampu berupa peralatan sekolah kemudian dilanjutkan dengan pembagian buku-buku Islami yang diterima oleh pimpinan masjid setempat kemudian dilanjutkan dengan pembagian beras masing-masing 5 kg kepada orang tua yang kurang mampu beserta uang untuk keperluan sehari-hari. Setelah pembagian sarung kopiah kepada anak-anak yatim,yatim piatu dan anak kurang yang dikhitan yang sebelumnya kami menyediakan 20 buah ternyata bertambah menjadi 22 buah. Untung kami masih ada persediaanya.

Tempat pukul 12.00 waktu setempat acara pembagian bingkisan telah diterima oleh masing-masing masyarakat Kampong Cham yang berhak menerima yang sebelumnya telah terdata pada kami. Alhamdulillah dengan ridhoNya, semua titipan dari masyindo telah kami laksanakan dan selesai tepat waktunya walau cuaca saat itu begitu panas dan penuh peluh keringat. Kebahagian terpancar nampak diwajah masyarakat Kampong Cham dan rombongan kami, penat dan lelah tak terasa dikala kami disuguhi makanan siang dengan lauk khas " Kare Sapi" yang begitu mantap di lidah, sebetulnya mau nambah lagi koq perut sudah kenyang, belum lagi kelapa muda yang dipetik dari halaman rumah mereka dan mereka memberikan beberapa biji untuk dibawa pulang . Itulah ciri-ciri orang pedesaan yang lugu dan polos tanpa pamrih sedikitpun. Mereka mengharapkan sekali kami sering berkunjung dan menengok saudara-2 sesama muslim. Insyaallah , apabila Tuhan mengijinkan Kami masyindo di Kamboja dan diberikan kesehatan,limpahan rejeki. Kami akan menengoknya lagi. Selepas foto-foto bersama , Rombongan kami dilepas dengan lambaian kebahagian dan harapkan , semoga Tuhan bisa mempertemukan kami kembali.

Medio November 2009
Salam PERMIKA

Cuplikan Kegiatan Bakti Sosial 4 - Sunatan Massal Anak Yatim, Yatim Piatu dan Anak kurang mampu bisa Anda ...lihat disini .....

0 comments:

Post a Comment